love

Ketika Ibu Bertanya

Ketika Ibu tiba-tiba bertanya “Ella, udah ada yang approach belum?”. Tidak biasanya Ibu saya menanyakan hal yang seperti itu. Mungkin beliau agak khawatir juga kalau anak perempuan sulungnya ini keasyikkan kerja sampai lupa pacaran.

Jujur saja, semakin saya dewasa, semakin saya hati-hati untuk pacaran. Ditambah lagi, baru saja saya kecewa sama seseorang. Jadi, ceritanya sekarang mau memplester hati saya dulu. Haha. Untuk kasus yang terakhir, saya padahal sudah super hati-hati membuka diri untuk seseorang itu. Endingnya? Sudah bisa ditebak.

Dan akhirnya saya menjawab pertanyaan ibu saya : “Sekarang Ella mau berteman sebanyak-banyaknya dulu sampai ketemu sama yang tepat”.

Karena saya tidak perlu seorang pria yang menghujani saya dengan perhatian yang berlebihan, menghujani saya dengan traktiran-traktiran, menasihati saya dengan ayat-ayat alkitab tetapi banyak perbuatannya yang tidak sesuai dengan ucapannya, yang rela mengubah dirinya supaya dianggap cool. Saya tidak perlu yang seperti itu.

Saya perlu pria yang bisa jadi teman berdiskusi dan bertukar pikiran. Saya perlu pria yang selalu mengandalkan Tuhan dalam segala hal dan terlihat dalam perbuatannya, bukan hanya sekedar pamer ke gereja, pamer doa novena, dll tapi pada kenyataannya terkadang masih mempertanyakan eksistensi Tuhan. Saya perlu pria yang tidak khawatir dengan rencana-rencana saya di masa depan, melainkan yang mau ikut serta bersama saya mewujudkan rencana-rencana tersebut dan juga mau melibatkan saya dalam perjuangan mewujudkan rencana-rencananya.

Saya yakin, orang itu sudah ada di luar sana. Tinggal menunggu waktu di saat kita berdua sudah siap. 🙂

Jadi, Ibu, sabar ya!

(not) love at the first sight (anymore)

Maybe for teenagers that kind of thing called ‘love at the first sight’ between two individuals seems the cutest thing that could happen in someone’s life. But as people getting older and as they getting mature, there is no such thing as love at the first sight.

For adults, falling in love is a process. It is not an instant occasion. Therefore, it needs time. When I was in college, I could easily have crushes with some guys. I adored a guy and then ‘fell in love’ with him just because he was so kind. Only to found out later on that he is actually kind to every girl he met. Haha. Yeah, i was that silly back then.

Now, years later, I am really careful when it comes to this lovey dovey thing. It is better to start with a friendship  rather than rushing into an unstable relationship. The goal when two souls fall in love is not only a relationship, but more than that, a long-lasting relationship a.k.a a wonderful marriage journey. And taking a ‘just’ relationship into the next level is definitely not as easy as turning your palms. Sometimes it needs sacrifices.

As for myself, I am now having a kind of ‘chemistry’ with a guy. I realised that after spending some times with him having chit-chat and so on. But to take this to the next level, I think only God knows when is the right time. What I believe is that He makes two souls meet with each other at the right time. And His time is always perfect, for sure.

Adult love are sometimes a bit complicated and full of considerations. Adult love always requires both parties to sacrifice their own egos. That’s what make a strong and long-lasting relationship.

So, no, there ain’t love at the first sight. Love grows through exchanging acts of kindness between two souls who are destined to be together. And these acts of kindness are surely more than just the word ‘I love you’.

A mature relationship does not need to be legitimated by the word ‘I love you’ but instead by lovingly gaze at your significant other’s eyes and holding your significant other’s hand assuring her that you will always be there  forever for her no matter what.

When God says : “Wait!”

I met this guy a couple of months ago (I won’t specify the place I met him, because it would be too obvious). That was not a kind of “love at the first sight” thing. It took me around a month to realise that I got a little bit attracted to him. And few days after that, I found out that we have different faith. (Oh man, again?!?)

I had to admit that physically and personally, he’s my kind of guy. That basic aspect that I wonder why I didn’t notice the first time I met him. We started to talk and at one point I felt comfortable to share my personal stuffs with him and the same goes with him. He was the first person who ever questioned my dreams. He gave his perspective regarding that. And strangely, it made me re-think about my plans  in life. He talks about his dreams, as well. What I can conclude from our conversations is that, he has a very noble mission in his life. I believe, it’s getting harder to find young people nowadays like him. When I told him my opinions about certain things, he always has his own perspectives that (mostly) in contrast with mine. And it always lead into other interesting discussions.

Long story short, there is another thing that really made us can’t be together. I don’t want to specify it here. Actually I supposed to just give up anyway when I found out that we have different faith. A relationship is like a ship, can’t be handled by 2 captains. So, picturing us to be together is quite impossible. I was just being too confident that there would be a way. While there was not!

I thought meeting him was a fate. He was just come to my life like that, and suddenly there was a ‘click’ between us. For an introvert person like me, who find it hard to get close to new people, that was kinda strange.

For some people, maybe it’s easy to start a romantic relationship. But for me, unfortunately it’s not that easy. And I don’t really know the reason. Maybe I’m just too independent and guys want to get close to me because they think I can be their friend and I can (sort of) “understand” their “language”. Not getting close in a romantic way. Sometimes I feel a little bit devastated, honestly.

It was around a week ago, when my friend sent me a video. In that video, a Christian preacher talked about finding your other half. He said : “If you’re a Christian, if you believe in God, don’t worry about your other half. HE will find the perfect one for you. Your task in life is to work, improve your quality as a person, and pray. You need to realise that God is currently preparing you for that perfect person. And HE is also doing the same thing to your (future) other half. You never know, your other half could be the one who has been so familiar to you. Or he might be someone whom you have never met before. God will make both of you meet when both of you are ready. And regarding relationship, it is not the quantity. It’s about the quality. You don’t need to have countless relationship before you get married. Maybe up until today you’ve never been in any relationships, but one day you will have your first and last relationship. And that will be with the man whom God has prepared for you (maybe ever since you were born)”

My friend gave that video at the right time. It totally changes my perspective towards relationship and marriage. When I was still in early 20s, I set a deadline that I must get married by 25. I’ve passed that deadline, anyway. And now I don’t want to be in a rush anymore. The time will come, for sure.

Now, my job is to improve all aspects of my life so that I will be ready when the right man comes. I believe, God will surely gives me a sign.

I am now a good friend with that guy whom I mentioned in the beginning of this post. It’s not that bad, though. In fact I’m happy because this year, so far, has been a sparkling year for me. lol.

Sometimes we need to let go of things that we can’t control and just move on with our lives. we’re still young. there are so many things ahead of us that worth to be explored. it’s just a pity wasting your time thinking about a guy who’s not even thinking about you. 🙂

Instead, you need to prepare yourself for a guy who (if it is necessary) will sacrifice everything that he has for the sake of being with you. That kind of guy is worth to be struggled for.

all you need is nothing, not even an effort

Up until yesterday, I didn’t believe there’s such thing as ‘instant relationship’. But then I heard a story of a friend. Just like me, she was so obsessed with a Caucasian guy. So when she published her relationship status, I thought she was just getting a little bit more serious with that Caucasian guy. In fact, she met a totally brand new guy (not a really total stranger, though) here in Indonesia. In the form of a pure Indonesian guy (no mixture..haha!). They started their relationship only a week or two after their first meeting, then in just one month she got proposed, and now she’s preparing for her wedding. All happen (from the first meeting, got together, got proposed, wedding preparation) in less than 6 months. Amazing.

See? Sometimes love works beyond your logic. And when the timing is right, it seems that you need no effort to make that thing, called ‘marriage’ to become reality.

I keep telling myself, even until now, that I won’t get married so soon. I still want to enjoy my twenties. I still have many dreams to pursue. But when the timing is perfect and there’s a guy coming to my life convincing that he will accompany me pursuing my dreams and when that very moment I suddenly feel sure that everything will be alright if I’m with him, I don’t think I can say no to his ‘proposal’

My mom ever said to me that, actually I don’t need to search for my soulmate. He will come.

Now I believe that somehow it can be true. I don’t need to wait desperately.

He will come in the unexpected time and maybe in the form of an unexpected person.

And…yes finally I should say this phrase that I used to totally disagree : in terms of love, quality is more important than quantity.

And if you’re wondering if I believe in the idea of a soulmate. Yes, I do. And I think, I will automatically feel that sense when I meet him.

clumsy girl needs mature guy

“lo butuh cowok yang mature, la.”

Tiba-tiba saya jadi kepikiran dengan kalimat yang dilontarkan teman saya itu. Mungkin memang benar, saya butuh seorang pria dewasa yang bisa menjaga saya. Yang dimaksud dewasa itu bukan dalam hal usia, ya. Yang lebih penting adalah seseorang dengan kepribadian yang tidak meledak-ledak. Saya gak manja, tapi kata teman saya, sifat saya itu cenderung bipolar.Kalau senang, senang banget sampai jingkrak-jingkrak. Kalau sedih, sedih banget. Gak sampai nangis, sih tapi galau.  Dan saya juga kekanak-kanakkan. Ingat! Kekanak-kanakkan itu tidak berarti manja ya.  Jadi, di masa depan, saya pastinya perlu seseorang yang bisa meredam sifat itu.

Ternyata tanpa saya sadari, selama ini saya selalu suka sama cowok yang kalem. Saya gak suka cowok yang heboh. Ada seseorang yang saya labeli sebagai cowok terkalem, termisterius, terdatar, dan paling pendiam. Tapi, dulu saya bisa suka banget sama dia. Hmm..mungkin cowok macam dia yang cocok buat saya ya? Haha..andaikan ada sosok orang lain dengan sifat seperti itu. Kenapa gak dia aja la? Gak, ah. Kan dia di Indo. Jauh. #eaaajadigalaukan.

Jadi, apakah benar bahwa clumsy girl (macam saya ini) suatu saat akan berjodoh dengan seorang  mature guy (bukan tua lho ya)? Mari kita lihat saja ya apa yang akan terjadi. sudah ada kandidat, la? oh, belum. :p

selamat malam. well, selamat pagi, teman2 di Indonesia! happy weekend. 😀

a little contemplation

I don’t do clubbing. I’m not smoking. I don’t do all of those “cool” stuffs. Do that mean I won’t get a guy? No, I believe I’ll get one who will accept me whoever I am and who will love me just the way I am. Someday.

 

kata orang, kalau kita punya pengharapan yang kuat, seluruh alam raya akan berkonspirasi untuk mewujudkan impian kita itu.

 

 

faithfullness

Pernah dengar 2 kalimat seperti ini? “Eh gw udah 7 tahun naksir cowok itu lho. Gw setia banget lah pokoknya” atau “Gw tuh orangnya setia. Buktinya gw udah 2 tahun pacaran sama si dia.” Kutipan pertama menggambarkan seseorang yang bego *ngaca. percayalah, itu adalah gambaran diri saya beberapa tahun yang lalu*. Kutipan kedua menggambarkan seseorang yang terlalu naif.

Lalu, bagaimana dong definisi dari k e s e t i a a n ? Mungkin kisah nyata yang akan saya sampaikan di bawah ini, bisa sedikit membantu kita untuk mendefinisikan arti dari kesetiaan.

Dua hari terakhir ini, ketika saya & ibu saya melakukan doa pagi di gereja, saya melihat sepasang suami istri  paruh baya (belum terlalu tua, mungkin 50-early 60s). Sang istri nampak masih sehat, tapi sang suami harus dibantu sebuah tongkat ketika berjalan. Untuk bangun dari duduknya saja, sang suami nampak kepayahan dan saya melihat raut keputusasaan di wajahnya. Dia tampak sangat benci dengan kondisinya. Namun, apa yang dilakukan sang istri? Tidak ada raut kesedihan di wajahnya. Yang ada hanyalah raut wajah tegar. Dia juga tidak mengasihani suaminya. Ketika suaminya kepayahan untuk bangun dari duduknya, dia menepuk-nepuk pundak suaminya memberi semangat, meyakinkan bahwa dia bisa. Selanjutnya mereka akan berjalan berdampingan meninggalkan gereja. Cerita selesai.

Saya tidak tahu apakah mereka setiap hari ke gereja atau tidak, tapi yang pasti dua hari berturut-turut – kemarin dan tadi pagi – saya melihat mereka. Sebuah potret kehidupan yang membuat saya berpikir tentang makna yang lebih dalam dari yang selama ini saya pahami tentang  sebuah kata sederhana, kesetiaan. Oh, ternyata kesetiaan itu tidak bisa diukur dari berapa lama kita mampu berharap kepada satu orang tertentu. Oh, ternyata kesetiaan juga tidak semata diukur dari berapa lamanya kita mampu bertahan dengan orang yang sama dalam suatu hubungan yang kita sebut pacaran, toh?

Ketika kita memutuskan untuk menikah dengan seseorang yang menjadi pilihan kita, mulai detik itu juga kita meneken kontrak seumur hidup untuk mencintai pasangan kita, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Mulai saat itu juga, kita harus berani bilang : “Saya mencintai kamu tidak semata karena kamu ganteng, kaya, lucu, pintar, bla..bla..bla.., tapi saya akan tetap mencintaimu walaupun suatu saat nanti kamu sudah gak ganteng lagi, meskipun someday ada saat-saat di mana kamu gagal…”

Kesetiaan juga bisa dilihat ketika seseorang tidak bosan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan orang yang sama selama berpuluh-puluh tahun. Prediksi saya, sepasang suami istri yang saya temui di gereja itu minimal sudah berumah tangga selama 30 tahun.

Dan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini mulai berkecamuk di kepala saya….

Suatu saat nanti, ketika saya sudah punya suami, apakah saya bisa bertahan bertahun-tahun hidup bersama dengan dia? Apakah saya tidak bosan setiap hari mendapati diri bangun dari tidur di samping orang yang itu-itu saja selama berpuluh-puluh tahun? Apakah saya sanggup menyembunyikan ekspresi bete dari wajah saya ketika saya & suami sama-sama pulang dari bekerja dengan kondisi badan lelah? Apakah saya tetap sanggup berada di sisinya ketika dia mulai sakit-sakitan, tidak berdaya, dan rupanya sudah jauh dari kategori ganteng? Dan apakah sampai jauh setelah janji pernikahan diucapkan, saya tetap bisa menganggap dia sebagai anugerah terindah yang pernah diberikan oleh Tuhan kepada saya? Sebelum saya benar-benar mengambil keputusan bulat untuk menikah, saya akan pastikan bahwa kesemua pertanyaan di atas akan saya jawab dengan satu kata : YA!

Jadi, kalau kamu baru pacaran selama 2 tahun, terus dengan percaya dirinya bilang bahwa kamu adalah seorang yang setia, kayanya harus dipikirkan lagi deh. 🙂

Kesetiaan kepada seseorang adalah kemampuan untuk menunjukkan dan merasakan rasa cinta yang sama atau bahkan lebih dari  ketika masih dalam tahap pedekate saat kita sudah berpuluh-puluh tahun hidup bersama. Saya masih menunggu seseorang yang bisa dan mau saya ajak berbagi kesetiaan. *nah, ujung2nya curcol. abaikan.* Itulah definisi ngaco ala saya.

gambar dipinjam dari sini & sana.

Life’s Intersection

Yesterday I met up with my 2 college best friends, Nona and Ivi. This gathering was so emotional since we haven’t met each other for almost 6 months. You know when we were still in college, we went everywhere together every single day. So, we talked about everything. Nona talked about her kind of weird job, and Ivi was really excited because soon she will start her new jobs. Wow..congratulations for both of you! I’m so happy.

And yeah finally we talked about the most interesting subject. Boys and Love. Suddenly they said : “Ella, are you serious that you just want to wait for your prince charming until the right time will come without doing any efforts? It’s impossible! You have to do something to get him” That short unpredictable talk made me think. Maybe I’m too naive to think that someday the right one will come to me.

I know, I’m still young and still have lots of time to think about creating a serious relationship or even marriage. But, I’m 23 right now and maybe this is the time to start looking at those things from a more mature point of view. My mom got married when she was 23. That’s why now she has a tendency in urging me to search for a boyfriend. Nah!

Actually my love life is kinda complicated. Currently I’m adoring someone who is living in another country. We only had a chance to meet and making interaction for a few weeks. And with this person, I experienced my first -love at the first sight- moment. I didn’t know what made me like him. But one thing for sure, we could get along well. The problem is we have a different faith, he’s much older than me, and the most important thing is it looks like he hasn’t got any special feeling for me. He just treat me as one of his discussion partners. I think this kind of relationship is impossible. While I’m adoring this one particular person, without I’m noticing, another someone from the past keeps coming in my life in these few recent weeks. We  met often, but no words coming from our mouths. We had a special story long time ago. After that time, we barely contact each other. Now I don’t have any special feelings for him. He’d been my crush for almost 7 years. Can’t you imagine? Actually we’re so close, but we make a big invisible space between us. In fact, this person is “perfect” for me. But, the question is : Am I perfect for him? We have the same faith, we grow up in the same environment, we have lots of things in common. By looking at those similarities above, you can tell me that we are meant to be together. But, still, it’s not that easy. Gosh, this love matters really confuse me!

Am I the one who should make the first move? I am such in the intersection of my life. Life is always full of problems, indeed. This is one of the problems that I must face.

Maybe I should do this one thing, as my friend -Ivi- said. I should make a list contained of some boys who fit my “boyfriend’s criterias”. Haha..this also makes sense. 🙂

picture source.

Love, simple yet complicated

 

Valentine’s Day is an annual commemoration held in February 14 celebrating love and affection between intimate companion.

-wikipedia

Setuju gak sama kalimat di atas? Saya gak setuju, sayangnya. Valentine’s Day tidak spesifik buat mereka yang sedang dimabuk asmara saja. Lantas, apakah saya merayakan Valentine’s Day? Tidak juga. Tapi, saya tidak skeptis. Hari ini, mari bicara cinta. Mumpung momennya pas. Ya, cinta. Kata yang sangat sederhana, namun abstrak, mampu membuat kita tersenyum bahagia sekaligus menangis. Kata yang maknanya tidak sesederhana alfabet penyusunnya.

Saya, kamu, kita semua bisa ada di dunia ini karena cinta orang tua kita, bukan? Menurut saya, semua orang punya cinta dengan kadar yang berbeda-beda. Termasuk penjahat, teroris, siapapun lah. Mereka juga punya cinta, hanya saja mungkin kadarnya sedikit dan tertutup oleh kekejamannya. Coba bayangkan kalau semua orang di dunia ini memaksimalkan keberadaan cinta yang mereka miliki itu dan membaginya dengan sesama. Gak akan ada perang.

Cinta itu maknanya luas. Tidak hanya cinta buat pacar. Tadi pagi saya mendengarkan radio yang sedang membahas tentang Valentine’s Day. Saya ingat ada seorang pendengar yang sms seperti ini : “Valentine’s Day cuma buat anak ABG” Lagi-lagi saya harus bilang bahwa saya gak setuju. 🙂 Memang sih perayaan Valentine’s Day paling seru pas jaman SMP dan SMA. Dulu setiap tanggal 14 Februari saya dan teman-teman pasti tukeran coklat.

Dalam kehidupan saya, ada 4 cinta yang saya miliki. Pertama, cinta untuk Tuhan (kadarnya paling tinggi). Kedua, cinta untuk orang tua. Ketiga, cinta untuk para sahabat saya. Terakhir, cinta untuk pacar. Berhubung yang terakhir belum ada, jadi belum bisa diekspresikan deh. Hehe.. 😀

Yah, akhirnya setelah muter-muter gak jelas, kita ngebahas cinta dalam konteks romansa. Sahabat saya pernah bilang begini sama saya : “La, loe jago banget ya ngasih nasihat soal cinta. Oh iya, gw lupa loe kan jomblo ya.” Nyelekit banget sih sebenarnya. Tapi, benar lho. Semakin kita sering dikecewakan, kita semakin paham soal cinta. *lho kok jadi curhat?*

Saya belum pernah pacaran hingga saat ini, ketika usia hampir menginjak angka 23.  Ngeceng, ngegebet, naksir-naksiran, atau apapun istilahnya itu sih sering. Mungkin kalian berkata, sedih banget sih loe! Sedih sih gak. Saya memang belum siap untuk memberikan hati saya hanya pada 1 orang lelaki. Saya sangat mudah jatuh cinta. A simple care can make me fall in love. Teman lelaki saya banyak banget, tapi mereka cuma sekedar teman buat diskusi. Menurut saya, diskusi sama cowok lebih enak, karena pada akhirnya saya bisa mendapatkan solusi yang masuk akal. Beda kalau diskusi sama cewek, ujung-ujungnya ngegosip. Di satu sisi, jalan pikiran saya memang seperti cowok. But, I’m very girly inside.

Saya senang karena bisa berteman baik dengan beberapa bekas gebetan saya setelah rasa “lebih dari sekedar teman” yang dulu kami miliki itu hilang. Itu merupakan salah satu hal yang wajib disyukuri, bukan?

Jadi, kalau saya belum punya pacar, itu bukan karena keadaan. Saya tidak mau lagi bilang bahwa saya belum menemukan lelaki yang cocok dengan saya atau alasan apapun lah. Simpel saja, saya memang belum siap untuk berkomitmen dan kali ini Tuhan sependapat dengan saya. So, DIA belum ngasih si jodoh itu buat saya. Dengan status jomblo, bukan berarti saya tidak bahagia di hari Valentine. Hari ini saya bisa berbagi senyum dengan teman-teman yang berada di dalam 1 lingkup pergaulan saya saat ini.

Lalu, sudah paham makna c i n t a ? Ah, cinta ada bukan untuk dipahami, tapi untuk dirasakan. *tsaah*

Akhir kata, boleh kan saya mengucapkan Happy Valentine? Finally, pengen mengutip kata-kata sakti dari para jomblo di seluruh dunia : kasih sayang bisa diekspresikan setiap hari kepada orang-orang di sekitar kita, tidak hanya di hari Valentine.

love is a virtue representing all of human kindness, compassion, and affection

-wikipedia

ps. bahkan wikipedia aja bingung mendeskripsikan cinta~