Tahun Ketiga

Apa kabar La?

Saya akan mencoba menulis lagi tentang kehidupan saya di sini sebagai mahasiswa doktoral. Sekarang saya sudah berada di akhir tahun ketiga masa studi. Seakan baru kemarin saya menginjakkan kaki di Cologne. Ternyata itu sudah lebih dari tiga tahun lalu.

Kabar pertama dari saya : masa studi positif molor. Pada awalnya, saya optimis akan menyelesaikan studi dalam jangka waktu 3 tahun. Tapi, ternyata itu tidak mungkin. Doakan saja saya bisa selesai 1 tahun lagi.

Kabar lain? Akibat pandemi, timeline penelitian saya agak berantakan. Tapi, puji Tuhan sekarang sudah ada kemajuan. Sejak awal bulan Juni, saya sudah bisa melanjutkan studi in vitro untuk memperkuat argumen saya terhadap data yang sudah terkumpul selama ini. Awal tahun depan, rencananya akan mulai studi in vivo. Sekarang, saya sudah mulai menulis disertasi. Sejauh ini lancar.

Walau proses studi doktoral ini cukup melelahkan (hingga mulai ditemukan uban di sela-sela rambut. sial!!), tapi semua yang terjadi pada saya selama ini masih di bawah ekspektasi saya. Suatu waktu ketika sedang video call, bapak saya pernah komentar begini : “Kamu kok gak kelihatan kayak mahasiswa PhD sih? Kirain kalau studi doktor tuh kerja terus sampai malam di lab.” ๐Ÿ™‚

Kabar selanjutnya? Saya baru menyadari kemampuan menulis dalam bahasa Indonesia saya mulai sedikit menurun. Sepertinya ini pertanda bahwa saya harus rutin memperbaharui konten blog lagi. ๐Ÿ™‚ Ya, selama tinggal di sini saya tentu saja lebih banyak menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris dalam lingkup akademik, dan berbicara dalam bahasa Jerman untuk hidup sehari-hari. By the way, skill bahasa Jerman saya sudah lumayan meningkat lho sekarang!

2 thoughts on “Tahun Ketiga

  1. As a former international grad student, selalu senang kalau nemu blog dan bisa baca2 ceritanya Indonesian students abroad. Best of luck for your PhD dan looking forward to hearing more stories! I just hit follow!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s