dua puluh sembilan

Tanggal 25 Februari yang lalu usia saya bertambah menjadi 29 tahun. Sudah tua, kata beberapa orang. Masih muda, kata saya. Di umur saya ini, ibu saya sudah menikah dan beranak satu.

Saya? Single, bahagia, dan penuh mimpi. Dulu sewaktu berusia awal dua puluhan, saya memiliki target untuk menikah di usia 25. Angka itu pun tanpa terasa terlewati tanpa ada pria yang mendekati saya. Lepas dari usia 27 tahun barulah ada beberapa yang mendekat, namun seketika menjauh tatkala saya bercerita tentang mimpi-mimpi besar saya yang masih menunggu untuk diraih. Namun ada satu yang tak menjauh. Dia. Orang yang sama sejak dua tahun lalu.  Yang hampir saja malah membuat saya balik kanan maju jalan. Tapi akhirnya saya putuskan tidak jadi. Kami saling menyayangi dalam diam. Tapi kami tahu sama tahu perihal hati masing-masing.

Sekarang, tinggal satu tahun lagi menuju angka 30, saya hanya ingin berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan diri saya di tahun-tahun yang lalu.

Saya bahagia dengan segala pencapaian saya selama 29 tahun menghirup dunia ini. Sudah pernah diperkenankan mencicip studi di negara yang berjarak 10.000 km dari rumah saya. Dan sebentar lagi pun akan beroleh kesempatan lagi.  Saya bersyukur Tuhan menganugerahi saya teman-teman yang luar biasa serta keluarga yang sangat suportif.

Kado ulang tahun terindah sudah saya dapatkan di awal Februari 2017.  Dimulai dengan datangnya LoA dari Jerman, JJA saya akhirnya di-approve, dan datangnya keputusan bahwa saya lolos beasiswa DAAD. Kado yang sangat spesial. Semuanya atas kuasa Tuhan, tentunya.

Tiga bulan lagi saya akan kembali merantau untuk 3 tahun. Pasti akan ada yang sinis yang berkata “Kamu sekolah terus sih? Kapan nikahnya?” Untuk setiap hal, ada waktunya masing-masing. Tenang saja lah. Toh ini hidup saya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s