the end of my research

Hari ini secara resmi penelitian saya di lab selesai. Mulai minggu depan, tidak ada lagi kerja lab, tidak ada lagi eksperimen. Mulai minggu depan, saya pasti akan menghabiskan waktu saya di depan laptop atau komputer di cluster untuk menyelesaikan disertasi saya. Saya tahu pasti akan ada yang terasa janggal. Hidup saya selama 5 bulan terakhir ini seperti sudah “terjadwal”. Saya pasti akan sangat merindukan hari-hari itu. Berangkat pagi, menjalani serangkaian eksperimen, pulang sore kadang malam. Rutinitas yang tanpa sadar membuat berat badan saya turun drastis.

Jujur saja, saya tidak terlalu suka dengan lingkungan riset di tempat saya berada. Saya merasa tidak bisa get along dengan orang-orang di sana. Bukannya saya sok alim, tapi saya memang tidak mau berubah menjadi “orang lain” supaya bisa diterima di lingkungan pergaulan. Beberapa kali saya pernah diajak untuk go for a drink, dan saya tolak dengan halus. Mungkin mereka mikir saya gak cool. Yaudahlahya.

5 bulan ini merupakan 5 bulan penuh pembelajaran buat saya. Bukan hanya belajar mengenai beberapa teknik baru. Saya belajar bahwa karakter orang itu beda-beda dan aneh-aneh.

Selama 5 bulan ini menjalani kehidupan di lab setiap hari, saya semakin mantap untuk berkarir di jalur ini. Dan, percaya atau tidak, saya mulai jatuh cinta dengan imunologi. Iya, imunologi. Mata kuliah yang dulu pas S1 paling ditakuti sama anak-anak mikro karena dosennya strict. Well, dosen strict itu adalah dosen favorit saya. Hehe.

Jadi, sekarang riset sudah selesai. Disertasi in progress. Hari senin saya harus presentasi di depan supervisor. Hari Jumat presentasi di research group meeting. Rabu 2 minggu lagi adalah final presentation saya di depan examiners. Akhir Agustus atau awal September, mudah-mudahan gelar Master sudah bisa saya dapatkan. Satu tahun cepat sekali berlalu ya?

Ini bukan akhir, melainkan awal dari sesuatu yang lebih besar lagi. Saya juga masih belum tahu apa yang akan terjadi setelah lulus Master. Tapi yang pasti saya akan melanjutkan pendidikan saya. Saya masih senang dan ingin belajar. šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s