As 2011 Will Come To The End

Kalau disuruh menyebutkan hal-hal menarik dan berkesan yang terjadi dalam hidup saya di tahun 2011 ini, saya bakal susah banget menjelaskannya. Karena semuanya berkesan. Intinya, 2011 adalah tahun penuh sukacita buat saya. Saya melewati tahun ini dengan penuh senyuman dan benar-benar tidak ada air mata.

Dua dari 3 resolusi 2011 saya sudah tercapai. Sudah sepatutnya saya bersyukur.  Tinggal di Eropa, yang dulu hanya menjadi mimpi saya, sekarang sudah menjadi kenyataan. Kalau dulu lingkaran pertemanan saya hanya orang Indonesia saja, sekarang saya sudah punya teman dari berbagai negara. Senang sekali bisa belajar tentang kebudayaan negara lain dan tentunya icip-icip makanan khas dari negara lain, karena asrama saya ini multi-kultural sekali.

Tentang jurusan kuliah yang saya ambil, saat ini saya merasa yakin bahwa memang inilah jalan saya. Jalan yang sepertinya akan mengantar saya untuk menjadi seorang imunologis dan dan bukan seorang mikrobiologis. Tapi, tidak ada yang saya sesali dari jurusan yang saya ambil ketika S1 dulu. Justru itu saya rasakan sebagai point positif buat saya di sini, karena saya punya pengetahuan lebih di bidang basic science dibandingkan dengan mayoritas rekan-rekan saya yang background-nya medical. Walaupun saya terlihat happy, jangan disangka tidak ada hal yang tidak mengenakkan yang terjadi pada saya di sini. Tentunya ada, lah. Kejadian itu terjadi beberapa waktu yang lalu. Saya tidak dapat proyek penelitian yang saya inginkan, tetapi akhirnya saya dapat proyek yang ternyata lebih sesuai dengan background saya. Tuhan memang selalu punya cara, ya.

Jika kalian mengikuti tulisan-tulisan di blog saya dari beberapa tahun yang lalu, pasti kalian tahu bahwa dulu saya pengen kuliah di Perancis. Bahkan saya sampai niat ngambil les bahasa Perancis. Terus kenapa sekarang saya nyasar di UK? Well, kita tidak akan pernah tahu ke mana hari esok akan membawa kita kan? Yang jelas, saya merasa bahwa berada di tempat ini merupakan sesuatu yang menurut Tuhan terbaik buat saya. Jadi, saya tinggal menjalani saja.

Meninggalkan Indonesia berarti keluar dari zona nyaman. Kurang lebih 1 tahun yang lalu, ketika saya baru mulai daftar-daftar untuk kuliah Master, saya amat sangat tidak sabar untuk segera meninggalkan Indonesia. Namun, beberapa bulan menjelang bulan Agustus 2011, tiba-tiba saya merasa berat untuk meninggalkan negara saya itu. Tapi, harus ada suatu awal untuk sebuah perubahan. Maka, ketika waktunya tiba, saya mantap bilang ke diri saya : “apapun yang terjadi, saya harus pergi. ini adalah impian saya” A big journey in our life always begins with a single step. Memang itu berarti meninggalkan keluarga, sahabat, dan gebetan (ups). Akan tetapi, perjumpaan dan perpisahan adalah suatu hal yang biasa, menurut saya. Dalam kasus saya, perpisahan dengan keluarga dan sahabat hanyalah untuk sementara. Kita pasti akan ketemu lagi kok suatu saat nanti. Sejauh ini sih tidak ada kendala untuk berkomunikasi dengan mereka. Technology rules the world nowadays, man! 

Tahun 2011 adalah tahun yang luar biasa. Diri saya berubah dari berbagai sisi. Mungkin kalau kalian sekarang bertemu saya, kalian akan merasakan bahwa saya sedikit berubah. Yeah, saya harus berubah supaya bisa survive hidup di negeri orang. Jadi, tidak ada lagi Ella yang manja. 🙂

Terima kasih Tuhan atas kesempatan untuk mencicipi kehidupan yang maha indah ini. Target 2012 adalah penelitian saya lancar,  lulus Master, dan kalau Tuhan mengizinkan, saya mau melanjutkan pendidikan saya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Mimpi saya belum dan tidak akan pernah habis. Selama bermimpi itu masih gratis, saya akan terus bermimpi. Hidup adalah tentang bermimpi dan mencari cara untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu.

Well, beberapa hari lagi saya mau liburan dan saya tidak akan membawa serta laptop saya. Jadi, kayanya saya gak akan update blog ini sampai awal Januari. So, saya mau mengucapkan selamat natal dan tahun baru buat teman-teman semua para pembaca blog saya. 🙂

Semoga 2012 akan berisi 365 hari yang jauh lebih baik daripada 365 hari yang telah lewat. 😀 Take care, friends!

ps: postingan ini ditulis menjelang tengah malam dengan ditemani lagu-lagu Westlife. Lumayan buat nostalgia. Eh, btw saya mau menonton konser mereka di Newcastle bulan Mei 2012 nanti lho! *pamer*

salam dari salju di Newcastle, teman-teman!

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s