About Respecting Heroes

Setiap tanggal 10 November, Indonesia merayakan hari Pahlawan. Tanpa saya sadari sebelumnya, hari ini (13 November) masyarakat Inggris jugs memperingati hari Pahlawan. Yang mau saya komentari di sini adalah bedanya perayaan hari Pahlawan di Indonesia dan di Inggris.

Di Indonesia, seperti yang kita sama-sama ketahui, para siswa dan pegawai pemerintahan WAJIB menghadiri upacara pada tanggal 10 November. Nah, kata-kata WAJIB inilah yang nampaknya membuat para masyarakat malah jadi malas untuk memperingati hari Pahlawan. Saya sendiri dulu juga seperti itu. Rasanya malas sekali. Selepas SMA hingga sekarang, saya sudah tidak pernah lagi ikut upacara peringatan hari Pahlawan (bahkan upacara hari kemerdekaan 17 Agustus saja saya juga tidak pernah ikut). Merasa berdosa? Tidak juga. Makanya, saya merasa ada yang salah dengan kita orang Indonesia. Kenapa ya kita tidak bisa sungguh-sungguh menghargai para pahlawan? Selama 6 tahun saya belajar Sejarah di sekolah, entah mengapa saya lebih tertarik dengan sejarah dunia daripada sejarah nasional. Saya merasa bahwa apa yang diajarkan di mata pelajaran Sejarah tentang Sejarah nasional itu agak aneh, sepertinya ada banyak hal yang ditutup-tutupi. Padahal, katanya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pengorbanan para pahlawannya.

Kemudian, bagaimana perayaan hari Pahlawan di Inggris? Sejak sekitar 3 minggu yang lalu, sebagian besar penduduk Inggris menyematkan pin berbentuk bunga Poppy di dada mereka. Bunga Poppy itu adalah simbol yang mereka pilih untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam Perang Dunia I & II. Kenapa Bunga Poppy. Jadi, ceritanya ada seorang prajurit yang menulis puisi sehari setelah dia menyaksikan rekannya gugur di medan perang, di depan mata kepalanya sendiri. Salah satu kalimat di dalam puisi itu kurang lebih adalah seperti ini : “though many soul dies, Poppies will still grow“. Tadi pagi saya tidak sengaja membaca puisi tersebut di gereja. 🙂 Upacara hari Pahlawan di kota saya terpusat di Newcastle University Quadrangle, which is di dalam kampus saya. Masyarakat sangat antusias memperingati hari Pahlawan ini. Bahkan banyak di antara mereka yang bela-belain dress up dengan mengenakan pakaian tradisional Scotland. Padahal pagi ini dingin banget lho. Yang membuat saya salut adalah, orang tua mengajak serta anak-anak mereka yang masih kecil-kecil untuk ikut upacara.

Mungkin itu yang harus kita tiru. Tidak perlu menggembar-gemborkan kata-kata NASIONALISME, kalau itu hanya berhenti di mulut saja, apalagi kalau kata-kata itu hanya muncul “musiman” saja, seperti ketika kita merasa bahwa teritorial atau salah satu unsur budaya kita “dicuri” oleh bangsa tetangga. NASIONALISME itu harus ditunjukkan melalui perbuatan. Contohnya? Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Inggris. Inggris adalah negara maju, tapi mereka masih punya hati untuk mengingat para pahlawannya. Saya salut.

Suatu saat nanti, kalau saya sudah punya anak, saya mau ajak mereka keliling museum setiap minggu, dan bukannya main ke mall. Saya mau ajak mereka ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, ke Lubang Buaya, biar mereka tahu bahwa banyak pahlawan Indonesia yang mati karena kekejaman bangsanya sendiri. Tapi, di antara yang kejam itu masih banyak juga yang berhati mulia. Saya mau anak saya nanti seberuntung saya, bisa keliling dunia melihat berbagai kebudayaan sambil menceritakan kepada dunia hal-hal baik tentang Indonesia. Dan saya tidak mau anak saya nanti memiliki sifat nasionalisme yang sempit.

Sungguh, kenyataan yang saya lihat hari ini benar-benar membuat saya tertohok. Maaf, para pahlawan, ternyata saya belum sepenuhnya menghargai jasa-jasa kalian. Tapi, saya akan memulai menghargai kalian. Cara pertama, mungkin dengan membaca literatur yang netral dan mencoba memahaminya.

Selamat hari Minggu, guys! God bless you all. 🙂

2 comments

  1. hi gabriella, januari ini aku juga akan belajar di newcastle, aku blum kenal siapa2 disana, kalo boleh tanya2 info sama kamu ga? salam kenal – nabila

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s