Hello, Long Time No Write ;)

Halo, apa kabar? Ih basa basi banget ya saya? Sekarang saya jarang update blog ini ya? Iya nih gak bisa nulis sesering dulu. My life is so good here. Saya senang banget berada di sini.

Jadi ceritanya perkuliahan sudah mulai sejak 2 minggu lalu. Sibuk banget. I’m like literally busy. I need more than 24 hours a day. Ini gak berlebihan karena setelah saya ngobrol-ngobrol dengan teman-teman seperjuangan di sini, mereka juga merasakan hal yang sama. Yang saya maksud dengan teman seperjuangan adalah mereka yang sama-sama berada di Faculty of Medical Sciences. Kalau yang di jurusan lain sih nampaknya amat sangat santai karena mereka bisa gitu shopping dan jalan2 selama weekdays. Jangan ditanya ya gimana nerd-nya saya kalau weekdays.

Sistem pendidikan di sini jauh berbeda dengan di Indonesia. Kita gak akan pernah ketemu jadwal kuliah dari pagi sampai sore di dalam satu hari. Kuliah tatap muka di kelas tuh paling hanya 2 jam per hari. Tapi, ketika kuliah, dosen sudah siap dengan references list yang berkaitan dengan mata kuliah hari itu. Terserah kita mau baca atau gak. Itulah kenapa saya lebih banyak menghabiskan waktu di asrama. Banyak jurnal yang harus dibaca, bo. Bahkan saya buka internet  hanya untuk mencari jurnal-jurnal penelitian terbaru. Yes, di sini sistemnya adalah belajar mandiri. And you wanna know what I like the most of being here? Di sini saya bisa mendapatkan akses ke jurnal penelitian yang terbaru sekalipun dengan GRATIS, sodara-sodara. Ini ajaib banget, karena semasa saya kuliah S1, saya gak bisa akses ke jurnal penelitian terbaru.  So, kalau kalian kuliah di tempat saya berada sekarang, merupakan suatu kebohongan besar jika kalian merasa kekurangan literatur. 🙂

Yang kedua, ketepatan waktu nampaknya sudah menjadi budaya bagi orang Inggris. Jadi, gak ada ya ceritanya dosen atau mahasiswa yang telat. Misalnya, kuliah mulai jam 9 pagi. Jam 8.45 dosen sudah nongkrong di kelas dan kelas pun sudah penuh dengan mahasiswa. Dan di sini, ketika kuliah dimulai, gak ada tuh mahasiswa yang ngobrol di kelas. Mereka mengikuti kuliah dengan serius. Di luar kelas, mereka liar. Yes, honestly speaking UK students are wild. They spend most of their nights at pubs, drinking until they get drunk. Tapi, begitu masuk kelas, saya kagum sama keseriusan mereka.

Kemudian, di sini kita bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan mengikuti yang namanya in-sessional English course selama apapun yang kita mau. Lagi-lagi GRATIS. Saya senang apapun yang gratisan. Iya saya masuk Newcastle University memang pakai partial scholarship, tapi orang tua saya masih tetap harus keluar banyak uang untuk nyekolahin saya di sini. Dan saya gak ngerasa uang orang tua saya terbuang percuma karena saya memperoleh fasilitas yang LUAR BIASA bagusnya di sini.

Hmmm..apa lagi ya? Banyak banget yang bikin saya terkagum-kagum. Oiya, ternyata banyak lho yang tahu tentang Indonesia. Senang deh. Kadang malu juga ya kalau orang dari negara lain berbicara tentang kehebatan negara saya ini, sementara yang ada di pikiran saya itu Indonesia jelek banget.

Intinya, saya senang dengan segala keteraturan yang sama temukan di sini. Indonesia terlalu “berantakan”, menurut saya. Saya senang berada di sini, tapi I can’t call this place as home. My home is in Indonesia, dengan segala ketidakteraturannya, dengan segala kebrengsekkan elite-elite politiknya. Saya pasti akan kembali ke rumah ketika saya sudah mencapai semua mimpi saya, karena, sadly, profesi saya tidak dihargai di rumah saya. Dan tidak..tidak seperti beberapa orang yang saya kenal yang sudah tinggal di luar negeri selama bertahun-tahun, yang berpikiran untuk mengganti kewarganegaraan mereka, saya tetap orang INDONESIA sampai kapanpun. Hanya saja, saya kok prefer buat tinggal dan berkarir di negara ini ya? Yah, let’s see aja lah yaaa apa yang akan terjadi dengan saya selanjutnya.

Satu hal yang pasti. Keputusan untuk melanjutkan sekolah di UK adalah salah satu keputusan nekat paling tepat yang pernah saya buat. Bahkan orang tua saya pun pernah meragukan kesungguhan saya. But, look me now. I’m here and thankfully still safe and sound.

Take care you guys!!! See you in another post. Soon, hopefully!! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s