Balada Apply Visa

Jadi ceritanya tadi pagi adalah jadwal saya untuk melakukan visa appointment di sebuah gedung yang terletak di Jl. Jend. Sudirman, Jakarta. Saya sampai di sana 30 menit sebelum waktu yang telah ditentukan, tentu saja dengan pede. Begitu masuk dan baru duduk beberapa detik, ternyata nomor antrian saya langsung dipanggil. Lalu beginilah percakapan saya dengan si mas-mas di sana yang meng-collect dokumen.

Mas2 : “Selamat pagi, bu. Keperluannya apa ya? Visa turis atau student visa? *sial..saya dipanggil “ibu”*

Saya : “Oh, apply student visa mas”

Mas2 : “Sudah baca guidelines-nya?”

Saya : (dengan sangat mantap) “Udah”

Mas2 : “Coba saya lihat dokumennya”

Saya : (masih pede menyerahkan semua dokumen beserta terjemahannya)

Mas2 : “kalau fotocopy-an nya mana?”

Saya : (bengong, baru ingat kalau lupa fotokopi)  -_-“

Selain masalah fotokopi itu, ternyata memang ada beberapa dokumen yang belum saya bawa akibat kesoktauan saya. Sebenarnya bukan sok tau juga sih. Saya sebelumnya sudah bertanya pada orang-orang yang senasib -dalam artian sama-sama mau ke UK- yang sebelumnya sudah apply visa. Dan saya ikuti saran mereka. Ternyata salah saudara-saudara!

Akhirnya tadi saya balik ke rumah lagi untuk mengambil segala dokumen yang kurang itu, terus balik lagi ke visa center, dilayanin sama si mas2 yang itu lagi. Dia nampaknya agak shock mendapati saya kembali hari ini juga karena sebelumnya kita memang sudah rearrange appointment menjadi besok. Pikir saya, ya sudahlah lebih baik sekalian capeknya.

Well, apart from all of the hectic event, today I learned a lot. Selama ini saya belum pernah mengurus visa sendiri. Tidak mengetahui prosedurnya, tinggal duduk manis, tau-tau visa jadi. Dengan begini, saya jadi mengerti segala proses aplikasi visa. Ya ribet-ribet sedikit sih. Tapi, tidak seribet yang saya bayangkan sebelumnya kok.

Ada yang menyarankan saya untuk menggunakan jasa agen dalam pengurusan visa ini dengan catatan ada penambahan biaya sebesar sekitar IDR 500K. Yah, saya sih gak rela ya mengeluarkan uang sebesar itu untuk sesuatu yang bisa saya kerjakan sendiri.

Akhir kata, buat teman-teman yang mau apply visa UK, prosesnya cepat kok asalkan segala dokumen sudah siap. Postingan ini hanyalah sharing pengalaman saya hari ini.

Dan sekarang saya tinggal berharap-harap cemas sampai 10 hari ke depan. Semoga visa segera di-approve. Amin.

Oh iya buat teman-teman yang belum tahu, kita bisa melakukan semacam online tracking terhadap proses aplikasi kita dengan cara membuka website VFS Global, kemudian masukkan application reference number dan tanggal lahir kita. Ada fasilitas sms juga sih dari VFS tapi dikenakan biaya tambahan IDR 25K gitu. Jadi, mending tracking sendiri aja kan? 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s