Unlimited Miracles In My Life

Sekarang masih bulan pertama di tahun 2011, masih bulan Januari. Tapi, saya merasa sudah mendapatkan berkah yang melimpah serta keajaiban yang bertubi-tubi di awal tahun ini. Memang inti dari semuanya adalah kepasrahan. Pasrah bukan berarti menyerah, tetapi menyerahkan semuanya pada kuasa Tuhan dengan tidak lupa berusaha semaksimal mungkin. Sejak awal saya memang pasrah terhadap segala yang akan terjadi di tahun ini. Hal itu bisa terlihat dari resolusi-resolusi yang saya buat beberapa minggu yang lalu. Resolusi yang nampak sederhana jika dibandingkan dengan resolusi 2 tahun yang lalu, misalnya. Memang ada sebuah mimpi besar yang harus saya wujudkan di tahun ini. Namun, saya selalu berdoa kepada Tuhan supaya saya diberikan yang terbaik bagi-NYA, bukan terbaik menurut saya.

Sekitar semingguan yang lalu saya menerima email yang berisi tentang confirmation of a place of study dari suatu universitas di UK. Ini berarti langkah saya untuk melanjutkan studi master di sana semakin mantap. Sekarang saya tinggal mengurus masalah akomodasi. Kemudian, beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan info dari sebuah milis tentang beasiswa dari pemerintah Prancis. Awalnya saya sudah skeptis duluan terhadap info ini karena saya sudah mengetahui sebelumnya tentang beasiswa ini dari CCF. Saat itu saya membaca bahwa ada persyaratan IPK yang cukup tinggi. Yeah..IPK saya pas-pasan dan jauh dari cumlaude. Namun, di info terbaru yang saya dapatkan dari milis tersebut disebutkan bahwa IPK minimal adalah 3.00. Yes..saya bisa mendaftar!

Semenjak beberapa waktu yang lalu saya mulai merasa jenuh terhadap aktivitas keseharian saya yang gitu-gitu aja tanpa tantangan. Aktivitas saya tiap hari adalah pagi buta berangkat les Prancis, les sampai jam 12 siang, kemudian jemput adik di sekolah, lalu pulang. Begitu tiap hari. Saya merasa banyak sekali waktu kosong yang terbuang percuma. Yeah, saya ada les piano tiap Jumat. Yeah, saya ngajar piano juga tiap sabtu. Mungkin orang lain melihat aktivitas saya sudah padat. Tapi, saya ingin semua waktu saya terisi dengan hal-hal yang berguna. Tidak hanya di rumah, duduk di depan laptop, browsing sampai bego. Akhirnya saya mencoba peruntungan dengan melamar di salah satu universitas swasta di Jakarta sebagai asisten peneliti. Kebetulan saudara saya merupakan dosen di universitas tersebut, jadi jalur saya sangatlah mudah. Awalnya saya tidak suka dengan orang yang mendapatkan pekerjaan dengan jalur cepat seperti yang saya rasakan ini. Akhirnya saya kemakan omongan saya sendiri.  🙂 Suatu hari, teman les saya pernah bilang gini ke saya : “gak selamanya jalur koneksi itu jelek. sepanjang kita punya kapabilitas, gak ada salahnya memanfaatkan jalur koneksi” Yeah, I’m sure that I got that capability. Jadi, singkat cerita tadi saya bertemu dengan 2 petinggi fakultas dan mulai minggu depan saya sudah mulai bisa magang di sana. Pekerjaan ini tanpa bayaran. Tapi, siapa yang butuh bayaran kalau di sana saya bisa belajar banyak? Sejujurnya saya memang sudah lama tertarik dengan penelitian-penelitian yang dilakukan di universitas tersebut, yang menitik beratkan pada bidang biologi molekuler, bidang favorit saya.

Dengan apa yang saya dapatkan ini, saya merasa bahwa hidup saya ini sangat dinamis. Apabila saya flashback ke bulan Januari tahun 2010 yang lalu, saat itu kehidupan saya diliputi kebimbangan dan kecemasan. Sangat berbeda dengan sekarang. Hal yang selalu saya harapkan adalah agar saya tidak akan pernah kehilangan semangat, dalam keadaan apapun, baik ketika saya sedang mengalami keberhasilan maupun kegagalan. Life is a journey, not a destination. Begitu kata India Arie. Miracles happen at the unexpected time.

Dan barusan saya buka-buka Tumblr serta menemukan 1 quote bagus yang di-upload oleh teman saya. Pemilik quote tersebut adalah juga teman saya yang lain, anak mikrobiologi ITB 2006 yang hari Senin kemarin baru mendapatkan gelar sarjananya. Namanya Amet. Saya mengagumi kerja keras dan kegigihannya. Anak yang tidak pernah malu untuk melakukan kesalahan. Gw salut sama loe, met! Ini quote-nya :

Hidup adalah petualangan yang mendebarkan. Berani menghadapi perubahan dan tak goyah saat kesulitan menghadang adalah kekuatan untuk mengarungi petualangan yang mendebarkan dalam kehidupan

 

2 comments

    1. iya..it was like a miracle. september berangkat, mudah2an. iya cuma 1 tahun kalau di UK. sip2..kalo mau tanya2 ttg prosedur apply buat master, kontak gw aja get. anytime. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s