PTF = Begadang?

Semester 6 ini semua anak mikrobiologi 2006 mengambil mata kuliah PTF (Prinsip Teknik Fermentasi). Kayanya saya pernah cerita deh di beberapa postingan yg lalu. Di mata kuliah ini, intinya kita harus membuat kurva tumbuh bakteri. Tiap kelompok dapet bakteri yang berbeda. Dari kurva tumbuh itu, kita bisa memperoleh umur inokulm optimal untuk dijadikan sebagai kultur starter dalam produksi massal suatu makanan fermentasi. Nah, nantinya kita semua akan memproduksi keju dari kultur starter tersebut. Tentunya tiap kelompok memberikan variasi perlakuan yang beda-beda.

Sampai hari ini, pekerjaan kita baru sampai pada tahap pertama, yaitu bikin kurva tumbuh. Kebetulan kelompok saya mendapatkan bakteri Leuconostoc mesenteroides yang agak-agak fastidious gitu deh. Tau gak..umur inokulumnya aja udah dari taun 2001. Proses aktivasinya lamaaa banget. Kelompok lain udah pada selesai, tinggallah kelompok saya dan kelompok 1 yang baru mulai kurtum malam minggu kemarin. Alhasil, saya dan beberapa teman harus keLABbing alias bermalam di lab. Kenapa sih capek-capek nginep di lab? Karena, kita harus sampling setiap 2 jam, selama 24 jam. Harapan saya sih cuma 1 aja, jangan sampai gagal. Apa jadinya kalau minggu ini mesti nginep lagi?

Tapi, walaupun capek dan badan terasa remuk, nginep di lab kayak kemarin itu pastinya bakal jadi pengalaman tak terlupakan. Semua orang udah jadi paranoid terhadap apapun. Ada suara pintu bergeser aja, udah ketakutan setengah mati, padahal di lab sebelah emang lagi ada orang. Masa kita kira itu orang  jadi-jadian. Hahaha..padahal itu anak S2. Kacau lah, pokoknya.

Sempet terjadi hal konyol pada diri saya. Akibatnya sangat fatal. Jadi, ceritanya saya kan kebagian sampling yang dari jam 02.30 pagi sampai 06.30 (t0-t2). Itu berarti saya gak bisa tidur. Paling juga kalau sempet tidur, gak nyenyak juga. Pas jam 02.30 itu saya sampling dengan PDnya. Pas mau t1, saya baru menyadari kekonyolan yang sudah saya perbuat. Terjadi percakapan antara saya dengan June, temen dari kelompok 1 (saya kelompok 2)

June : La, ini apaan? (sambil bawa erlen yang berisi medium LM)

Ella : kultur kan?

June : Hah? Ini mah medium steril, kali. Loe tadi sampling pake ini?

Ella : iya..ah masa sih. Hyaa..gimana dong..mampus gw..gagal dong t0-nya..huaaaaaaaaaa……!!!!!!!!

June : tenang, la..tenang…kan duplo..masih bisa dapet datanya dari kelompok gw..

Ella : huaaaaaaaaaa….dasar gw goblok…..(mulai menyalahkan diri sendiri)

Ya, itulah akibatnya kalo sampling dalam keadaan ngantuk berat. Medium kosong disangkan kultur bakteri. Jelaslah, udah pasti gagal.

Mungkin sekarang terbersit rasa bete, kesal, capek, dan lain sebagainya. Tapi, nanti 1 taun lagi pas kita semua udah wisuda (amin..) kita pasti bakal ketawa mengenang kejadian ini. Mestinya di-videoin dong..biar bisa jadi kenang-kenangan. Penderitaan semester 6 anak mikrobiologi 2006. Huehehe..

Btw, masa kelompok kita kalah ama kelompok lain sih? Ntar kalo nginep lagi, pokoknya harus foto-foto ah. Ayo smangat..kelompok 1 & 2 PTF… kita berjuang bersama selama 1 semester ini! Cayoo..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s