Kuliah Kunjungan Mikrobiologi 2006

Hallo semuanya!! Sorry  ya, saya lama tidak meng-update blog ini. Seminggu kemarin saya pergi ke Bali untuk mengikuti kuliah kunjungan ke beberapa perusahaan di sana. Soooo, sekarang saya mau ceritain kegiatan saya di sana.

Hari ke-1 (18 Januari 2009)

Kita kumpul di kebab (labtek biru tercinta) jam 12 siang. Ngecek logistik, makan siang, presensi. Yah, standar lah. Terus, sebelum mobilisasi ke gerbang depan ITB, kita foto-foto dulu dong di depan kebab.

013

Yaak..inilah wajah makhluk mikrobiologi 2006. Saya gak ada di foto itu. Huhuhu, soalnya saya yang motret.

Setelah itu, sebelum masuk bus, kita foto lagi dong di depan bus.

015

 

Lanjut…di dalam bus kita tetap menggila. Foto-foto tanpa henti. Niatnya mau candid, eh ternyata pada sadar kamera semua. Hahaha..dasar!

035

Ya, beginilah jadinya kalau suatu jurusan dihuni oleh sebagian besar kaum perempuan. Seneng foto-foto. Narsis forever!

Hari ke-2 (19 Januari 2009)

Malam sebelumnya, kami semua tidur di bus. Kami sarapan di daerah Gempol. Makanannya lumayan enak dan harganya sangaaaattt murah. Semangkuk soto ayam dengan nasi putih plus teh manis panas hanya 11 ribu. Gak maksud promosi lho! Hahaha..

040

 

Terus, kita makan siang di Pasir Putih, Situbondo.

051

Di pinggir laut, gitu. Bagus ya, lautnya!!

Kemudian, sorenya kita sudah sampai di pelabuhan Ketapang. Kita naik Ferry untuk menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk. Kapal Ferry-nya jorok banget, sehingga kita memilih untuk berdiri saja di geladak. Lumayan, lah sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Untungnya, gelombang di lautnya tidak terlalu tinggi, jadi perjalanan kali ini lumayan lancar.

063

Akhirnya, sekitar pukul 19.00 WITA kami menginjakkan kaki di pelabuhan Gilimanuk. Wuaaaahhh..finally!! Setelah itu, kami langsung menuju ke penginapan, di daerah Banyu Atis, Singaraja. Penginapannya keren lho..di tengah sawah gitu. Kamar mandinya aja terbuka. Temen-temen saya pada serem gitu mandi sendiri. Saya mah cuek ajaa..

Hari ke-3 (20 Januari 2009)

Hari ini kami melakukan kunjungan ke Balai Besar Riset Budidaya Laut di daerah Gondol. Di sini, kami mengunjungi laboratorium penelitian mikroalga. Ternyata pusat riset mikroalga ini sudah dikenal di seluruh dunia. Waww..gak nyangka! Setelah melakukan kunjungan, kami makan siang di bus. Selanjutnya, kami mengunjungi tempat pembibitan bandeng, masih di daerah Gondol juga. Ini adalah semacam home-industry. Kebetulan owner-nya adalah saudaranaya dosen kami, sehingga kami lebih diberi kemudahan untuk melihat-lihat tempat pembibitannya. Sumpah yaaa….cuaca di sini puanaaaassss banget!

073

Selanjutnya, kami ke Pantai Lovina, yang berlokasi di Bali Utara. Pantainya masih bersih. Indah deh pokoknya. Selain itu, di sini juga tidak terlalu ramai seperti Pantai Kuta. Di sini kami foto-foto lagi doong.

0861

 

Hari ke-4 (21 Januari 2009)

Hari ini, kami mengunjungi pabrik kecap Meliwis. Katanya, kecap ini merupakan kecap yang paling terkenal di Bali. Di sini, kami melihat proses pembuatan kecap, mulai dari pengolahan kedelainya, proses fermentasinya hingga menjadi kecap, dan akhirnya sampai pada proses pengemasan. Tapi, sayangnya kok pabriknya agak jorok yaaa??? Setelah kunjungan, ya kita foto-foto lagi doonngg..

115

Dari sana, kami semua beranjak ke Bali Botanical Garden, hanya untuk numpang makan siang. Hyaaa…rugi banget deh udah bayar 7ribu per orang buat tiket masuknya tapi gak sempet liat apa-apa. Cuma foto-foto aja.

118

Yaakk..habis dari sini kami berkunjung ke tempat pembudidayaan jamur. Ini adalah semacam home industry juga, tapi sepertinya sudah profesional. Di sana terdapat ruang inokulasinya sendiri. Sistem pengerjaannya juga sangat steril. Oiya, intermezzo sedikit yaa.. Salah satu pemilik perusahaan ini ganteng banget lho. Hahaha..masih muda, lagi. Saya ada fotonya tuh, tapi untuk koleksi pribadi aja aaahh..Langsung lah dia jadi kecengan bersama cewek-cewek mikro. Sayang sekali, foto-foto di tempat ini gak ada di kamera saya. Nanti ya, saya minta dulu sama teman, biar bisa saya pajang di blog ini fotonya.

Sebelum kembali ke penginapan, kami mampir sebentar ke danau Barata yang berlokasi di Bedugul. Waww..pemandangannya keren banget!

145

Hari ke 5 (22 Januari 2009)

Hari ini kami harus bangun pagi-pagi sekali karena jam 6 pagi sudah harus berangkat ke Denpasar. Perjalanan dari Banyu Atis ke Denpasar memakan waktu sekitar 4 jam. Yeah, cukup jauh. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Pabrik pembuatan Brem Bali di daerah Sanur. Saya jadi korban disuruh nyobain brem Bali, secara teman-teman saya yang Muslim gak mungkin nyobain, kan? Hasilnya, saya pusing setelah meminum setengah gelas kecil brem bali. Perut terasa panas. Waduh, gak lagi-lagi deh. Maklum, saya kan gak biasa mabok. Hahaha..

Setelah dari sini, kami dibawa ke tempat belanja, yaitu Erlangga dan Joger. Weeww..teman-teman saya pada kalap berbelanja. Saya sih hanya menemani mereka saja. Gak suka belanja sih saya. Akhirnya saya cuma beli 2 celana pendek sama 1 tas selempang aja. Sedangkan, teman-teman saya..wuihh pada bejibun belanjaannya. Di joger juga gitu, saya cuma beli sendal aja. Hehehehe…

Habis itu baru deh ke Kuta.155

Hari ke-6 (23 Januari 2009)

Hari ini adalah hari terakhir kami di Bali. Sebelum pulang, saya bersama seluruh teman-teman 1 kamar, berfoto bersama.

175

Tanggal 24 malam kami akhirnya sampai kembali dengan selamat di Bandung. Dengan ini, berakhirlah kuliah kunjungan kami. Banyak pengetahuan yang kami dapatkan dari company visit tersebut. Hal itu juga sedikit banyak memberikan kami gambaran tentang dunia kerja nantinya. Selain itu, kami juga puas berekreasi. Yeah, itung-itung liburan.

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s