Kaleidoskop 2008

Tahun 2008 sebentar lagi berakhir. Kita tinggal menunggu beberapa hari untuk tiba di tahun 2009. Tidak ada salahnya, kan kalau di postingan kali ini saya ingin mengingat-ingat kembali hal-hal yang telah terjadi pada saya di sepanjang tahun 2008 ini. Well, let’s start over…..

Januari

Saya sekeluarga melewati pergantian tahun dalam suasana hening di suatu tempat nun jauh di Garut sana. Tepat jam 00.00 kami sekeluarga berdoa bersama-sama. Malam tahun baru yang cukup berkesan bagi saya karena pada saat itu semua anggota keluarga besar dari pihak ibu saya berkumpul.

Pada bulan ini juga saya memperoleh suatu anugerah yang begitu indah. Sungguh, saya tidak menyangka kalau IP semester 3 saya naik dengan sangat signifikan. IP saya naik sebanyak 0.5 point. Semester 3 merupakan semester yang terberat bagi saya karena saya tidak mengikuti UTS untuk hampir semua mata kuliah semester itu sehingga otomatis nilai UTS saya 0. Yang menyebabkan semua hal itu adalah saya jatuh sakit pada sekitar pertengahan semester 3. Jadi, saya hanya berharap dari nilai UAS dan puji Tuhan banget saya bisa lulus.

Februari

Ulang tahun saya yang ke 20. Biasa-biasa saja, bahkan cenderung agak menyedihkan. Hahaha.. Tidak ada acara tiup lilin seperti tahun-tahun sebelumnya. Di usia 20 tahun ini saya berharap bisa menjadi seseorang yang lebih baik. Saya sudah sedikit merasakan perubahan dalam diri saya..sedikiiit.

Bulan Februari juga menandai dimulainya semester 4 yang penuh keringat dan air mata. Di semester ini saya baru merasakan capek dikejar-kejar deadline laporan dan jurnal. Saya merasakan bagaimana pusingnya karena tidak cukup istirahat, dan yang paling menjijikkan, saya pernah ke kampus tanpa mandi dulu karena mengerjakan laporan yang menumpuk itu. Bayangkan, dalam 1 malam harus menyelesaikan 3 laporan. Semester yang tak terlupakan, lah. Tapi, di semester 4 ini saya merasakan semakin kuatnya persaudaraan dengan teman-teman 1 angkatan di mikrobiologi.

Mei

Semester 4 akhirnya berakhir juga. Huffh..IP saya juga puji Tuhan cukup baik, walaupun belum mencapai target. Hanya naik 0.1 point.

Juni

Libur panjang. Saya berhasil merealisasikan impian saya selama bertahun-tahun. Yaaa..akhirnya saya bisa juga les bahasa Perancis. Saya mengambil kursus intensif selama 7 minggu di CCF. Capek juga ternyata karena lesnya setiap hari, dari senin sampai jumat jam 08.00 sampai jam 12.00. Senangnya..tapi sayangnya setelah lulus level 1, saya belum melanjutkan lagi sampai sekarang. Sedang mencari waktu yang tepat di sela-sela kuliah.

Juli

Liburan bersama keluarga ke Bali. Cuma sebentar. Cuma 3 hari. Yaah, lumayan buat refreshing. Tapi saya bolos les Perancis selama beberapa hari dan hasilnya saya jadi bulan-bulanan guru les saya. Diledekin dengan menggunakan bahasa Perancis, dan saya hanya bisa tersenyum tidak mengerti. Hahaha..

Agustus

Liburan telah berakhir. It means back to reality. Kuliah semester 5 telah dimulai. Semester yang pada awalnya nampak santai, sehingga saya memberanikan diri untuk mengambil SKS lebih. Ternyata oh ternyata di tengah-tengah semester saya mulai kelimpungan juga. Ujiannya banyak banget euy.

Oktober

Bulan yang agak mellow bagi saya. Gebetan saya diwisuda. Hahaha..sudah tidak ada lagi yang bisa dikecengin nih. Sebenarnya saya sudah ‘dekat’ sama dia sejak TPB tapi dianya agak aneh sih jadi endingnya ya seperti ini deh. Ya sudah lah, tidak ada yang perlu disesali dan tidak ada yang perlu disalahkan. Sejak bulan Oktober ini saya merasa sebagai jomblo yang seutuhnya nih. Gak ada gebetan dan sudah malas mencari gebetan juga. Hehe..

Oiya..akhir bulan oktober ini saya juga mulai pindah ngeblog di wordpress setelah selama 1 tahun ke belakang aktif menulis di blogspot. Alasannya? Hanya semata ingin belajar suatu hal yang baru.

Desember

Detik-detik menuju akhir semester 5. Apakah saya bisa mencapai target saya di semester ini?

Selain itu, saya juga merayakan natal di bulan Desember ini. Perayaan natal yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetap menyenangkan bisa menghabiskan waktu bersama seluruh keluarga saya. Namun, natal kali ini ada yang kurang. Keluarga om saya tidak bisa merayakan natal bersama-sama karena tepat di malam natal mereka harus berangkat ke Yogyakarta. Uuuhh..I really miss my cousins, Chia & Dhika…

 

Yeah, begitulah perjalanan saya di tahun 2008, tahun di mana saya telah menginjak usia 20 tahun. Tahun di mana seharusnya saya sudah lebih dewasa. Mungkin dari kilas balik yang saya buat anda semua menangkap bahwa sebagian besar yang saya ceritakan adalah masalah kuliah. Yup, sejujurnya tahun ini saya memang sangat fokus dengan kuliah saya. Saya sedang mengejar IP setinggi-tingginya. Jujur, saya bukanlah orang yang pintar membagi waktu. Selama setahun ini saya meninggalkan kegiatan non-akademik saya demi kuliah.  Saya ikut unit Paduan suara di kampus saya dan selama setahun ini kehadiran saya pada waktu latihan mungkin bisa dihitung dengan jari. *Buat temen-temen PSM, sorry ya saya jarang dateng*

Mudah-mudahan tahun depan saya bisa menyeimbangkan kegiatan akademik dan non-akademik.

ps : postingan kali ini colourful sekali ya? yah, tak apalah..kan ini postingan terakhir di tahun 2008..^^

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s