Little Women

 

Little Women Poster

Little Women Poster

Tanpa sengaja tadi sore sepulang dari kampus saya menyalakan televisi. Ternyata di HBO sedang diputar film berjudul ‘Little Women’. Wah, beruntung sekali saya. Sudah sangat lama saya ingin menonton film ini. Setahu saya film ini diproduksi pada tahun 1994, sudah lama sekali tentunya. Pada zamannya dulu, film ini katanya juga sangat fenomenal.

 

Film ini bercerita tentang kehidupan suatu keluarga yang terdiri dari seorang ibu dengan 4 orang anak perempuannya. Keempat perempuan tersebut antara lain adalah Meg, Jo, Beth, dan Amy March. Ayah mereka sedang berada di dalam medan perang. Setting film ini adalah pada abad pertengahan, tepatnya ketika masih terjadi perang di Amerika. Keempat anak perempuan tersebut beserta ibu mereka tentunya merupakan cerminan dari wanita tangguh. Pada masa itu kedudukan perempuan masih dianggap lebih rendah daripada laki-laki. Mereka tidak terima dengan perlakuan seperti itu. Bahkan, mereka amat sangat hati-hati terhadap laki-laki yang bermaksud mendekati mereka karena mereka tidak mau dipermainkan oleh para laki-laki itu.

 

Keempat bersaudara itu juga punya sifat yang berbeda-beda. Meg sebagai anak tertua amatlah keibuan. Jo adalah seorang anak yang temperamental dan kadang suka meledak-ledak. Beth amat sangat lembut dan fisiknya juga lemah. Di akhir cerita, dikisahkan Beth meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya. Si kecil Amy sangat pintar dan berpikiran dewasa, jauh melampaui usianya. Namun, di balik segala perbedaan tersebut, mereka semua saling mendukung satu sama lain.

 

Ada beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari film ini. Pertama, seorang wanita harus tegar dan tangguh dalam menghadapi segala permasalahan, jangan  cengeng. Kedua, wanita dan pria itu semestinya memiliki kedudukan yang sama. Jangan pernah mau diremehkan oleh pria. Ketiga, antar anggota keluarga harus saling mendukung, bukannya saling menjatuhkan. Keluarga merupakan tempat di mana kita bisa menjadi diri kita sendiri dan keluarga pula yang merupakan asal muasal kita yang seperti sekarang ini.

 

Menurut saya film ini sangat bagus. Film yang cocok ditonton bersama-sama dengan keluarga di malam natal. Setting film ini adalah Natal, saat musim dingin. Wah, keren banget deh. Sejujurnya, saya mendambakan merayakan natal dalam suasana musim dingin, pekarangan rumah dikelilingi salju. Seperti di film ini. Hahaha..gak mungkin banget ya? Mudah-mudahan suatu saat nanti saya akan merasakan suasana natal seperti impian saya itu. Film ini juga bisa dikatakan sebagai film yang ‘cewek banget’. Oiya, wardrobe dalam film ini bagus sekali. Baju-baju yang dikenakan oleh the March sisters itu keren, khas baju abad pertengahan.

 

Saya sangat menyukai akting Kirsten Dunst sebagai little Amy. She’s so adorable!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s