Proyek Genetika Molekuler Mikroba

Apakah itu? Salah satu mata kuliah yang saya ambil di semester 5 ini. Kesan saya terhadap mata kuliah ini adalah SANGAT MENANTANG. Beberapa minggu terakhir ini seluruh anggota kelompok saya sudah stress menghadapi progress percobaan kita. Jadi, dalam mata kuliah ini kami sekelas dibagi menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok diberikan topik yang berbeda untuk diteliti. Kelompok saya mendapatkan topik ‘Deteksi mutasi gen parC pada QRDR Salmonella enterica serovar thyphi’. Sebenarnya topik kami ini paling mudah dibandingkan dengan topik yang diberikan untuk kelompok lain (kata asisten, lho).

Kenapa sih topik kayak gitu aja dijadikan bahan penelitian? Karena mutasi gen parC pada daerah QRDR (Quinolone Resistence Determining Region) dapat menyebabkan seseorang menjadi resisten terhadap antibiotik dari golongan Quinolone. Gituu. Oh iya..Salmonella enterica itu merupakan bakteri penyebab penyakit demam thyphoid pada manusia. Jadi, kalau sampai terjadi mutasi bisa dibayangkan bagaimana akibatnya. Tidak ada antibiotik yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri tersebut.

Nah, yang selama ini membuat kelompok kami pusing adalah karena kami tidak berhasil memperoleh gen parC yang ingin kami teliti itu. Pendeteksian gen parC itu dilakukan melalui proses PCR (polymerase chain reaction) yang kemudian dilanjutkan dengan elektroforesis. Sampai sekitar 7 kali PCR kami tidak berhasil memperoleh gen parC. Waaahh..awalnya kami sudah desperate, udah merasa bakal gagal. Ternyata pada PCR yang kedelapan kalinya kami berhasil memperoleh gen parC walaupun sangat tipis. Unbelievable!! Ternyata permasalahannya ada pada template DNA yang digunakan. Kenapa baru kepikiran sekarang ya?? Paraah. Sekarang akhirnya kami sudah bisa melanjutkan penelitian sampai tahap ligasi, yaitu memasukkan insert gen ke vektor kloning. Walaupun dengan menggunakan gen lain, yaitu GyrA. Habis mau gimana lagi? Gen parC milik kelompok kami memang sudah tidak bisa digunakan. Puji Tuhan, langkah-langkah selanjutnya dari percobaan ini sejauh ini berjalan cukup lancar. Akhirnya kerja keras kami berbuah hasil yang baik. Terimakasih buat teman-teman seperjuangan saya di kelompok Progenmolmik ini. Kegagalan itu merupakan suatu keberhasilan yang tertunda, teman. Dan kita telah melewati itu semua.

Progress sampai hari ini sih sudah sampai pada tahap ligasi. Besok mudah-mudahan bisa transformasi. Doakan ya, biar paling lambat hari Selasa penelitian ini sidah beres dan berhasil. Soalnya, hari Kamis depan sudah harus dilakukan presentasi, apapun yang terjadi.

One comment

  1. aduh nenggg… saya bersyukur sekali ga kuliah jurusan mikrobiologi. klo sampe iya, bisa2 seabad baru lulusnya. hahaha.

    semoga cepat selese yak tugasnya šŸ˜‰

    cemangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s