berdamai dengan permasalahan hidup

studentlife_2008

Berawal dari percakapan antara saya dengan teman melalui ym..

teman : la, hidup tuh emang selalu penuh masalah ya?

saya : yaah..kalo hidup datar-datar aja malah gak asik kan?

Saya menjadi berpikir tentang jawaban yang saya lontarkan untuk pernyataan teman saya itu. Apakah benar jika menjalani hidup tanpa masalah itu kadang serasa ada yang kurang lengkap? Ternyata setelah saya renungkan, iya juga ya. Yang membuat hidup ini lebih berwarna adalah segala permasalahan yang selalu harus kita selesaikan. Coba bayangkan hidup yang tanpa masalah. Hidup yang datar-datar saja. Dengan mengalami suatu masalah, pastinya kita memperoleh pembelajaran akan sesuatu hal dan di masa yang akan datang kita pasti berusaha untuk tidak mengulangi perbuatan kita yang memicu timbulnya masalah tersebut.

Selama 20 tahun perjalanan hidup saya, permasalahan yang saya hadapi lumayan banyak dan lumayan berat. Yang membuat berat adalah karena permasalahan tersebut terjadi antara saya dengan diri saya sendiri. Saya pernah mengalami suatu masa di mana terjadi pergumulan di dalam diri saya. Solusi yang paling tepat ternyata adalah berdamai dengan diri sendiri. Saya harus bisa menerima keadaan diri saya apa adanya. Saya tidak boleh berusaha menjadi seperti orang lain, tetapi saya adalah saya. Yah..itulah permasalahan terberat yang pernah saya alami.

Saya selalu mengibaratkan kehidupan itu layaknya sebuah perjalanan. Di saat kita merasa lelah karena jenuh dengan problem yang menimpa, sebaiknya kita istirahat dulu untuk memulihkan keadaan. Tidak ada salahnya mundur 1 langkah untuk nantinya maju 100 langkah. Di saat kita merasa ingin meluapkan perasaan gembira atau sedih kita, luapkanlah. Saya pernah merasakan bagaimana tidak enaknya memendam kesedihan. Kalau memang ingin menangis, menangislah. Itu pasti akan terasa lebih lega.

Jadi, intinya adalah kita harus menikmati hidup juga menikmati masalah-masalah yang terjadi dalam hidup kita. Saya sendiri punya keyakinan kalau semua masalah yang kita hadapi itu pasti ada jalan keluarnya. Namun, kadang jalan keluar itu bisa kita temukan sendiri dalam waktu yang singkat, seringkali untuk menemukan jalan keluar dari suatu permaslahan itu kita harus membutuhkan bantuan dari orang-orang di sekitar kita.

apa yang kau alami kini mungkin tak dapat engkau mengerti.

satu hal tanamkan di hati indah semua yang TUHAN beri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s